Kenali Elemen Dasar Foto Yuk!

Haloo teman-teman, apa kabar nih? Jumpa lagi sama aku disini hihi. Setelah bahas keseruan memotret, kali ini kita bakal bahas apa lagi yaaa? Hmm, gimana kalau kita bahas elemen-elemen dasar yang ada dalam fotografi. Mau yaaa. Yuk yuk simak penjelasannya dibawah!

Dalam KBBI, elemen diartikan sebagai bagian (yang penting, yang dibutuhkan) dari keseluruhan yang lebih besar; unsure. Kalau dihubungin sama fotografi nih, elemen fotografi adalah sesuatu yang dibutuhkan untuk menciptakan suatu gambar yang disebut foto. Gimana? Udah mulai paham kan ya arah pembicaran kita kali ini. Bisa dong nebak-nebak apa aja sih elemen-elemen yang ada dalam sebuah foto?!

Aku kasih tau sedikit yang aku tau disini yaa.

1. Cahaya (Light)

Dalam fotografi nih, cahaya merupakan unsure atau elemen dasar yang mesti ada. Ya bayangin aja kan kalau seumpaya engga ada cahaya yang terdeteksi dalam sensor foto kita hasilnya cuma warna  item doang kan yaaa wkwk. Nah cahaya ini dikelompokkan menjadi banyak bagian loh. Beberapa diantaranya adalah:

  • Side lighting

Bisa diartikan dengan pencahayaan dari samping. Efek dari Side Lighting ini membuat kontras dan bayangan objek dengan lebih panjang.

  • Back lighting

Sesuai namanya, back light adalah cahaya yang menimpa objek dari belakang kemudian mengenai kamera kita. Back light dapat menghasilkan siluet foto yang bagus. Apalagi dengan angle yang pas pasti bakal lebih maksimal foto yang dihasilkan.

  •   Cahaya Alami

Sumber cahaya alami yang berada di Bumi tidak lain dan tidak bukan adalah matahari. Cahaya matahari memiliki karakter yang kuat dibanding asal cahaya buatan yang lain. Cahaya matahari dapat memberikan nuansa cool pada saat siang hari, dan memberikan nuansa warm pada saat terbit dan tenggelam.

foto dari instagram @wahego

2. Point of  Interest

Ada yang tau maksud PoI ini ga? PoI atau yang dikenal dengan Point of interest adalah suatu objek yang menarik perhatian kamu. Nah kita memotret kan rata-rata diawali pas kita liat ada suatu objek menarik yang ditangkap oleh mata kita nih, habistu kita foto deh. Hal yang menarik perhatian kita itu namanya Point of interest atau lebih simplenya objek foto kita. Kalau foto gaada objeknya kan bukan foto yak namanya :D Sebenarnya ga harus menarik dulu sih, baru kita potret, meskipun objek yang biasa-biasa aja seharusnya bisa dibuat menarik kalau dengan pengambilan gambar yang pas. 

3. Garis (Line)

Garis dalam fotografi kebanyakan berguna untuk menggiring mata untuk melihat objek utama foto, bisa disebut dengan leading line. Garis juga banyak loh macemnya. Dari mulai garis yang tercipta alami seperti garis pantai, garis Horizontal atau cakrawala, atau garis-garis pada bangunan yang dibuat manusia seperti jalan, rel kereta api, gedung dan lain-lainnya. Garis satu dengan garis lainnya dapat memberikan kesan foto yang berbeda-beda. Contoh nih. Garis kurva S yang berkelok pada suatu foto akan memberikan kesan yang fleksibel, sedangkan garis lurus memberi kesan lebih kaku dan langsung on point.

arsip di ponsel pribadi @ayufr
 

4. Ruang (space)

Daerah disekeliling objek utama  bisa disebut dengan space atau ruang. Dalam konsep fotografi minimalis butuh ruang negative yang banyak untuk bener-bener  menonjolkan objek utama, bisa dengan dengan background warna putih, langit, dan lain sebagainya. Sedang dalam konsep foto yang berbeda ada juga yang memilih untuk mengisi frame foto dengan space atau ruang yang sedikit untuk memberikan kesan yang penuh.

foto dari instagram @nikkoilham

5. warna (color)

Yang terakhir dari aku ini adalah warna. Warna dalam foto mampu mengubah nuansa atau mood foto. Apabila kalian memotret pelangi atau sesuatu yang mengandung warna-warni yang banyak, pastinya kan kesannya lebih ceria ketimbang memotret dengan warna-warna yang lebih gelap. Meskipun diubah dalam mode BW atau black and White hasil yang dihasilkan akan tetap berbeda.

Nah, sekian ya teman-teman pembahasannya. Terima kasih sudah membaca, ditunggu saran dan kritik yang membangun ya. Bisa dishare di kolom komentar dibawah ini. Jangan lupa tetap jaga kesehatan! See u in the next article sobat BaDun.


Comments